Puasa Ramadhan : Keutamaan, Fungsi Puasa dan Tujuan Puasa Berlandaskan Al Qur'an dan Hadits

July262012



Puasa Ramadhan : Keutamaan, Fungsi Puasa dan Tujuan Puasa Berlandaskan Al Qur'an dan Hadits


Iman Hijrah dan Jihad Mywapblog.com



KEUTAMAAN PUASA

Banyak sekali ayat yang tegas dan muhkam (Qath'i) dalam kitabullah yang mulia, memberikan anjuran untuk puasa sebagai sarana untuk Taqorrub (mendekatkan diri) kepada


Allah Azza wa Jalla dan menjelaskan keutamaan-keutamaannya, seperti firman Allah Ta'ala yang artinya :
Sesungguhnya kaum muslimin dan muslimat, kaum mukminin dan mukminat, kaum pria yang patuh dan kaum wanita yang patuh, dan kaum pria serta wanita yang benar (imannya) dan kaum pria serta wanita yang sabar (ketaatannya), dan kaum pria serta wanita yang khusyu', dan kaum priaa serta wanitaa yang bersedeekah, dan kaum pria serta wanita yang berpuasa, dan kaum pria dan wanita yang menjaga kehormatannya (syahwat birahinya), dan kaum pria serta kaum wanita yang banyak mengingat Allah. Allah menyediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. (Surat Al-Ahzab : 35)

Dan firman Allah yang artinya :
Dan kalau kalian puasa itu lebih baik bagi kalian kalau kalian mengetahuinya. (Surat Al-Baqoroh : 184)

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam telah menjelaskan dalam hadits yang shahih bahwa puasa adalah benteng dari syahwat, perisai dari neraka, Allah Tabaraka wa Ta'ala telah mengkhususkan satu pintu syurga untuk orang yang puasa, puasa bisa memutuskan jiwa dari syahwatnya, menahannya dari kebiasaan-kebiasaan yang jelek, hingga jadilah jiwa yang tenang. Inilah pahala yang besar, keutamaan yang agung, dijelaskan secara rinci dalam hadits-hadits shahih berikut ini, dijelaskan dengan penjelasan yang sempurna.

1. Puasa adalah perisai 1)

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam menyuruh orang yang sudah kuat syahwatnya dan belum mampu untuk menikah agar berpuasa, menjadikannya sebagai wijaa 2) bagi syahwat ini, karena puasa menahan kuatnya anggota badan hingga bisa terkontrol, menenangkan seluruh anggota badan, serta seluruh kekuatan (yang jelek) ditahan hingga bisa taat dan dibelenggu dengan belenggu puasa. Telah jelas bahwa puasa memiliki pengaruh yang menakjubkan dalam menjaga anggota badan yang dhahir dan kekuatan batin.

Oleh karena itu Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda (yang artinya):
Wahai sekalian para pemuda, barang siapa diantara kalian telah mampu baah 3) hendaknya menikah, karena menikah lebih menundukan pandangan, dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah, hendaklah puasa karena puasa merupakan wijaa (pemutus syahwat) baginya. 4)

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam telah menjelaskan bahwa syurga diliputi dengan perkara-perkara yang tidak disenangi, dan neraka diliputi dengan syahwat, jika telah jelas demikian -wahai muslim- sesungguhnya puasa itu menghancurkan syahwat, mematahkan tajamnya syahwat yang bisa mendekatkan seorang hamba ke neraka, puasa menghalangi orang yang puasa dari neraka, oleh karena itu banyak hadits yang menegaskan bahwa puasa adalah benteng dari neraaka, dan perisai yang menghalangi seseorang dari neraka.

Bersabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam (yang artinya):
Tidaklah ada seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim .5)

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda (yang artinya):
Puasa adalah perisai, seoramg hamba berperisai dengannya dari api neraka.6)

Dan bersabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam (yang artinya):
Barang siapa yang berpuasa sehari di jalan Allah maka diantara dia dan neraka ada parit yang luasnya seperti antara langit dengan bumi.7)

Sebagian Ahlil Ilmu telah memahami bahwa hadits-hadits tersebut merupakan penjelasan tentang keutamaan puasa ketika jihad dan berperang di jalan Allah, namun dhahir hadits ini mencakup semua puasa jika dilakukan dengan ikhlas karena mengharapkan wajah Allah Ta'ala, sesuai dengan apa yang dijelaskan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam termasuk puasa di jalan. (yang disebutkan didalam hadits ini)

2. Puasa bisa memasukan seorang hamba ke dalam syurga.

Engkau telah tahu wahai hamba Allah yang taat, mudah-mudahan Allah memberimu taufik untuk mentaati-Nya, menguatkanmu dengan ruh dari-Nya, bahwa puasa menjauhkan orang yang mengamalkannya dari neraka. Jika demikian berarti mendekatkannya ke bagian pertengahan syurga.

Dari Abi Umamah radhiallahu 'anhu :
Aku berkata : Ya Rasulullahu Shalallahu 'alaihi wasallam tunjukkan padaku amalan yang bisa memasukanku ke syurga; beliau menjawab: Atasmu puasa, tidak ada (amalan) yang semisal dengan itu.8)

3. Orang puasa yang diberi pahala yang tidak terhitung *

4. Orang yang berpuasa punya dua kegembiraan *

5. Bau mulutnya orang yang puasa lebih wangi dari baunya misik*


Dari Abi Hurairah radhiallahu 'anhu : Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda :
Semua amalan bani Adam untuknya kecuali puasa 9), karena puasa itu untuk Aku dan Aku akan membalasnya, puasa adalah perisai, jika salah seorang kalian sedang puasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, ucapkankanlah: Aku orang yang sedang puasa 10), demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya sesungguhnya bau mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah daripada bau minyak misk 11), orang yang puasa punya dua kegembiraan, jika berbuka gembira, jika bertemu dengan Rabbnya gembira karena puasa yang dia lakukan.12)

Dalam riwayat Bukhori :
Meninggalkan makan. minum dan syahwatnya karena Aku, puasa itu untuk-Ku. dan Aku yang akan membalasnya. kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat.

Dalam riwayat Muslim :
Semua amalan Ibnu Adam dilipat gandakan, kebaikan dibalas dengan sepuluh kali, sampai tujuhratus kali lipat, Allah Ta'ala berfirman : Kecuali puasa, karena dia itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, dan meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku, bagi orang yang puasa ada dua kegembiraan : gembira ketika berbuka, dan gembira bertemu dengan Rabbnya, dan sungguh bau mulut orang yang puasa disisi Allah adalah lebih wangi dari pada baunya misk.

6. Puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafaat kepada ahlinya :

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda (yang artinya) :
Puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafaat kepada hamba di hari kiamat, puasa akan berkata: Wahai Rabbku, aku menghalanginya dari makan dan syahwat, berilah dia syafaat karenaku, Al-Qur'an pun berkata : Aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, berilah dia syafaat. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : maka keduanya memberi syafaat.13)

7. Puasa merupakan kafarat.

Diantara keistimewaan puasa, yang tidak ada dalam amalan lain adalah; Allah menjadikannya sebagai kafarat bagi orang yang memotong rambut kepalanya (ketika Haji) karena ada udzur sakit atau penyakit di kepalanya, dan kafarat bagi yang tidak mampu untuk membeli kurban, kafarat bagi pembunuh orang kafir yang punya perjanjian karena tidak sengaja, juga sebagai kafarat bagi yang membatalkan sumpah, atau yang membunuh binatang buruan di tanah haram, dan sebagai kafarat dhihar, akan jelas bagimu dalam ayat-ayat berikut ini;

Allah Ta'ala berfirman (yang artinya) :
Dan sempurnakanlah olehmu ibadah haji dan umrah karena Allah; maka jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau sakit), maka wajib menyembelih kurban yang mudah didapat. Dan janganlah kamu mencukur rambut kepalamu, hingga kurban itu sampai ketempatnya, maka barang siapa sakit atau ada gangguan di kepalanya, maka hendaklah memberi fidyah, yaitu berpuasa atau memberi shodaqoh, menyembelih kurban maka ketika telah aman maka barang siapa yang melaksanakan ibadah haji dengan cara tamathu' maka wajiblah menyembelih kurban yang sudah di dapat (membayar dam) maka barang siapa yang tidak menemukan (binatang kurban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga haridalam masa haji dan tujuh hari lagi apabila kamu telah kembali itulah sepuluh hari yang sempurna. Demikianlah bagi orang yang bukan dari pendudukMasjidil Haram, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwasanya Allah Maha keras siksanya. (Surat al-Baqoroh : 196)

Allah Ta'ala juga berfirman yang artinya :
Dan jika ia dari golongan orang yang mengikat perjanjian antara kamu dengan mereka, maka hendaklah dibayar uang tebusan yang diserahkan kepada keluarganya, dan merdekakan budak mu'mtetapi barang siapa tak mampu, maka berpuasalah dua bulan berturut-turut, untuk penerimaan taubat dari pada Allah (sebagai suatu jalan bertaubat) karena Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Surat An-Nisaa' :92)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya :
Allah tidak menghukum kamu karena keterlanjuran sumpah-sumpahmu yang tidak di sengaja, tetapi ia menghukum kamu karena sumpah yang kamu sengaja (apabila kamu merusakannya) maka kifarat sumpah itu ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu atau memberikan pakaian kepada mereka atau memerdekan hambasahaya. Barang siapa yang tidak sanggup melakukan yang demikian, hendaklah ia berpuasa tiga hari. Itulah kifarat sumpahmu jika kamu bersumpah. Dan peliharalah sumpah-sumpahmu (jangan terlalu mudah bersumpah). Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat kepadamu, supaya kamu mensyukuri. (Surat Al-Maidah ayat : 89)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh binatang buruan ketika kamu sedang ihram. Barang siapa diantara kamu yang membunuhnya dengan sengaja, maka wajiblah atasnya denda, ialah mengganti dengan binatang ternak yang seperti binatang yang dibunuhnya yang ditetapkan oleh dua orang yang adil (penduduk Mekkah) atau kifaratnya memberi makanan kepada orang-orang miskin. atau berpuasa seimbang dengan makanan yang dikeluarkan itu supaya merasakan akibat perbuatannya barang siapa yang mengulangi lagi mengerjakannya, maka Allah akan menyiksanya, Allah Maha Perkasa lagi mempunyai hak siksa.(Surat Al-Maidah : 95)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya :
Orang-orang yang mendhihar istrinya, kemudian ingin kembali kepada apa yang mereka katakan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum keduanya bercampur (bersetubuh). Demikian itu dijadikan nasihat kepadamu untuk mengerjakannya, dan Allah senantiasa mengetahui rahasia apa yang kamu kerjakan maka barang siapa yang tidak memperoleh budak (karena tidak kuat mengadakannya, atau memang tidak ada), maka ia berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bersentuhan maka barang siapa yang tiada berkuasa puasa, hendaklah memberi makan enam puluh orang miskin (keringanan) yang demikian itu agar kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang-orang yang mengingkari (hukum-hukum Allah itu) adzab yang pedih. (Surat Al-Mujadalah:3-4)

Demikian pula, puasa dan shodaqoh bisa menghapuskan fitnah seorang pria dari harta, keluarganya dan anaknya. Dari Hudzaifah Ibnul Yaman radhiallahu 'anhu, berkata Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam (yang artinya):
Fitnah pria dari keluarga (istri), harta dan tetangganya, bisa dihapuskan oleh shalat, puasa dan shodaqoh.14)

8. Rayyan bagi orang yang puasa.

Dari Sahl bin Sa'ad radhiallihu 'anhu, dari Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda (yang artinya) : sesungguhnya dalam syurga ada satu pintu yang disebut dengan rayyan, orang-orang yang puasa akan masuk di hari kiamat nanti dari pintu tersebut, tidak ada orang selain mereka yang memasukinya. jika telah masuk orang terakhir yang puasa ditutuplah pintu tersebut, barang siapa yang masuk akan minum, dan barangsiapa yang minum tidak akan merasa haus untuk selamanya.15)

Keterangan Angka
---------------------
1) Pelindung
2) Maksudnya memutuskan syahwat jiwa
3) Yang mampu menikah dengan berbagai macam persiapannya
4) HR. Bukhori (4/106) dan Muslim (no. 1400) dari Ibnu Mas'ud
5) HR. Bukhori (6/35), Muslim (1153) dari Abu Sa'id AlKhudri, ini adalah lafadh Muslim. Sabda Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasalam : 70 musim yakni : perjalanan 70 tahun demikian dikatakan dalam Fathul Bari (6/48)
6) HR. Ahmad (3/241), (3/296) dari Jabir, Ahmad (4/22) dari Utsman bin Abil 'Ash. Ini adalah hadits yang shohih.
7) Dikeluarkan oleh Tirmidzi (no. 1624) dari haditsAbi Umamah, dan didalam sanadnya ada kelemahan, Al-Walid bin Jamil dia jujur tetapi sering salah, akan tetapi dia dapat diterima, dan dikeluarkan pula oleh Thobroni di dalam Al-Kabir (8/260, 274, 280) dari dua jalan dari Al Qosim dariAbi Umamah. Dan pada bab dari Abi Darda', dikeluarkan oleh Thobroni didalam Ash-Shoghir (1/273) didalamnya terdapat kelemahan. Kesimpulan dari derajat hadits ini adalah SHAHIH
8) HR Nasa'I (4/165), Ibnu Hibban (hal. 232 Mawarid), Al-Hakim (1/421) sanadnya SHAHIH
* seluruh paragraf terkumpul dalam yang akan kita baca.
9) Yakni : baginya pahala yang terbatas, kecuali puasa karena pahalanya tak terbatas
10) Dengan ucapan yang terdengar pencerca atauorang yang mengganggu tersebut, ada yang mengatakan : diucapkan dihatinya agar tidak saling cela atau saling memerangi!. Yang pertama lebih kuat dan lebih jelas, karena ucapan secara mutlak artinya adalah dengan lisan, adapun bisikanjiwa dibatasi oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah : Sesungguhnya Allah memaafkan umatku apa yang terbetik dalam hati mereka selama belum berbicara, atau mengamalkannya. (Muttafq'alaihi), jelaslah bahwa ucapan itu mutlak terjadi kecuali dengan ucapan yang dapat didengar yang terucap dengan huruf maupun dengan suara. Wallahu a'lam.
11) Lihatlah apa yang ditulis oleh Ibnul Qoyyim dalam Al-Wabilu Shoyyib minal kalami Ath-Thoyyib (hal 22-38).
12) HR. Bukhri (4/88), Muslim (no. 1151) ini lafadz Bukhori.
13) Diriwayatkan oleh Ahmad (no.6626), Hakim (1/554), Abu Nu'aim (8/161) dari jalan Huyyay bin Abdullah, dari Abdurrahman Al-Hubuli, dari Abdullah bin Amr. Dan sanadnya HASAN. Al-Haitsami berkata dalam Majmu' Zawahid (3/181) setelah menambah penisbatannya kepada Thobrani dalam Al-Kabir : Rijalnya para perawi kitab shahih. Faidah Hadits ini dan yang semisalnya menyatakan amalan itu berjasad, wajib diimani dengan keimanan yang kuat, tanpa mentahrif atau mentakwilnya,karena demikianlah manhaj salafus shalih, dan jalannya mereka tidak diragukan lebih selamt, lebih alim, dan bijaksana (tepat), cukuplah bagimu bahwa itu adalah salah satu syarat iman, Allah Ta'ala berfirman yang artinya : Orang-orang yang beriman kepada perkara yang ghaib, mengerjakan shalat dan menginfakan apa yang kami berikan kepada mereka. (Surat Al-Baqoroh : 3)
14) HR. Bukhori (2/7) Muslim (144)
15) HR. Bukhori (4/95). Muslim (1152) tambahan akhir dalam riwayat Ibnu Khuzhaimah dalam kitab Shahihnya (1903)


Artikel terkait


Awal Mula Perintah Puasa Ramadhan


Yang Harus Kita Ketahui Tentang Puasa Ramadhan


Pendalaman Qiyam Ramadhan


Walhamdulillahi Rabbil'alamin
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

114 responses to "Puasa Ramadhan : Keutamaan, Fungsi Puasa dan Tujuan Puasa Berlandaskan Al Qur'an dan Hadits"

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 10:37 AM, 26-Jul-12

Alhamdulillah Ya ALLAH.. biggrin

Exodius on 10:50 AM, 26-Jul-12

mantab postingnya smile
btw, klo qt lupa pernah nadzar apa gtu gmn ya ??

Yadi Nugraha on 10:56 AM, 26-Jul-12

Info yg sangat bermanfaat Gan..

Ga kepikiran lohbiggrin

http://yadi.heck.in

Yadi Nugraha on 10:56 AM, 26-Jul-12

Info yg sangat bermanfaat Gan..

Ga kepikiran lohbiggrin

http://yadi.heck.in

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 11:01 AM, 26-Jul-12

Kang Exo, kalo kita bernadzar berarti itukan janji pribadi dengan ALLAH, yang tahu hanya Kang Exo dan ALLAH, jika ingat tapi tidak dikerjakan nadzarnya pasti nanti akan ditegur Oleh ALLAH, tapi jika lupa karena kealpaan dan benar2 lupa gak masalah, tapi jika terus suatu waktu ingat akan nadzarnya maka secepat itu juga harus dikerjakan.

Karena saya juga pernah bernadzar dahulu, dulu saya bernadzar jika dapat Gaji pertama kali saya bekerja,maka saya akan membeli AL QUR'AN terjemah. Pas saat saya gajian belum saya belikan, akhirnya saya pending terus, akhirnya saya gak bisa tenang. Akhirnya saya tunaikan membeli AL QUR'AN TERJEMAH DI GRAMEDIA (KALO NGGAK SALAH). Kejadian ini saya alami tahun 1996 akhir sekitar bulan oktober november..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 11:06 AM, 26-Jul-12

Mas Yadi, ya kadang kita sibuk, dan belum tahulah sebabnya, kadang blogwalking di blog temen akan membawa kita tahu hal2 baru..

Йσ σηɐ on 11:22 AM, 26-Jul-12

Waalaikum slm wr.wb

untuk yang 2 kebahagianya itu apa saja ya sob?rolleyes

Exodius on 11:31 AM, 26-Jul-12

Oww,,, gtu ya ??
Oke bro, thx jawabannya.. smile smile

Sholikhin on 11:34 AM, 26-Jul-12

maaf sob. Nyimak dulu sob. Banyak yang update

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 11:39 AM, 26-Jul-12

No One, kebahagiaan orang berpuasa adalah kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan saat bertemu dengan Rabbnya yaitu ALLAH, karena yang membalas puasanya adalah ALLAH langsung.

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 11:40 AM, 26-Jul-12

Sholikhin, silahkan Mas, kemaren saya update folow hampir 200 blog.. Mabuk deh.. Biarinlah biar Update folownya, karena dah lama nggak berbagi di blog.

DJemz Mobile Blogz on 11:45 AM, 26-Jul-12

alhmdllah
Ane ada puasa cheesy-grin

Aidista Mahestro on 11:46 AM, 26-Jul-12

Walah ternyata banyak manfaat berpuasa uy, mantap dach sukses trus ya sob,,,

Ichal Nangkali on 11:58 AM, 26-Jul-12

info yg bagus master, jdi makin brpikir lagi.

CAH_ZEKENG FROM BONGOS-II on 12:13 PM, 26-Jul-12

mksh sob, kunjungan bakda buka , wkwkw ane jrng ngeblog..... Mksh sangat bermanfaat.

Gembonk on 12:18 PM, 26-Jul-12

Memang bnyk sekali manfaat puasa yah kang..

Qbaljava on 12:23 PM, 26-Jul-12

artikel'y slalu bermanfaat

Ådì ÇB on 12:34 PM, 26-Jul-12

luarr biasa ya.. keutamaan puasa'y

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 01:03 PM, 26-Jul-12

http:// mekahmadinah.indowapblog.com.nu

RECKO on 02:02 PM, 26-Jul-12

Artikel nte slalu menjadi pembelajaran akan hal terlupa.
Acungan jempol sob.
down-arrow
down-arrow
down-arrow
down-arrow
http://recko.heck.in/script-membuat-emoticons-mywapblog-plus.xhtml

Khant Berxco Sundanese on 02:21 PM, 26-Jul-12

Ilmu yang bermanfa'at di bulan Suci Ramadhan ini.. Kunjung silaturahmi.

Rovi Agus on 02:58 PM, 26-Jul-12

mantab gan infonya wat nambah ilmu.. klo sempat kunbal ya..

iebznoe on 03:51 PM, 26-Jul-12

Subhanallah... Mantab infonya sob. Dan masalah nadzar di atas, juga jadi info dan pengingat atas nadzar saya sendiri beberapa waktu lalu. Thanks

Maiel on 04:04 PM, 26-Jul-12

Postingan yang menyejukan hati sob smile

Jokotole on 04:40 PM, 26-Jul-12

assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuhu
ijin merapat aj kang cz isi artikel tdk ada yg menyiratkan utk dipertanyakan
salam ramadhan

A F R I T H O on 05:34 PM, 26-Jul-12

assalam mualaikum .. ijin baca dan keliling kang

ghunthank on 06:06 PM, 26-Jul-12

absen dini hari sob,
mampir juga ya diblogku

Gue Punya on 07:05 PM, 26-Jul-12

Postingannya mantap sob, bermanfaat sekali bagi yang awam seperti Saya.

egvnk takkand pulank on 07:28 PM, 26-Jul-12

mantaff pencerahanna masta Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.combiggrin

ARISAN on 07:49 PM, 26-Jul-12

Makasih pencerahannya master...

Andik Perangsang on 08:19 PM, 26-Jul-12

Mantap master jihad !! Maaf telat, salam anak todanan blora !

Dev Vescera on 08:19 PM, 26-Jul-12

nice posting masbro.. smile

sayyid wahab al banjary on 10:01 PM, 26-Jul-12

Assalamualaikum
Selamat menunaikan ibadah puasa sob
Followback sukses

Dani Yayang Abdullah on 10:07 PM, 26-Jul-12

shubhanallah.

Simbah Tholieb ™Aremania™ on 10:27 PM, 26-Jul-12

postingannya mantap brow,..

http://tholieb.mywapblog.com/another-world-s60v3.xhtml

Ade Kesturi on 11:09 PM, 26-Jul-12

Kunjungan subuh kawan..
Mantapp makasih banyak infonya sangat bermanfaat..

1 menit bekal menuju akhirat on 11:29 PM, 26-Jul-12

Assalamu'alaikum.wr.wb
kunjungan perdana,mari kita jalin silaturahmi...

RJ - Hawk™ on 12:08 AM, 27-Jul-12

Assalamu'alaikum
Sekalian silaturahmi.
Ijin nyimak semua. cheesy-grin

Cah Sialang on 12:40 AM, 27-Jul-12

knjungan pagi sob, thank artikel nya n met menjalankan ibadah puasa

13em on 02:41 AM, 27-Jul-12

Assalamu'alaikum
Warahmatullahi
Wabarakatuh
kunjungan bulan ramadhan

Miun Sylvester Stonez on 03:05 AM, 27-Jul-12

silatUrahmi ang,
Sekalian mau laporan, blog ente jg udah ane f0l0w,
Silahkan di Chex razz

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:45 AM, 27-Jul-12

@DJemz Mobile Blogz, alhamdulillah. Djemz.

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:46 AM, 27-Jul-12

@Aidista Mahestro, Iya Benar, Makasih doanya..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:46 AM, 27-Jul-12

@Ichal Nangkali, alhamdulill6 biggrin

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:47 AM, 27-Jul-12

@CAH_ZEKENG FROM BONGOS-II, maskasih Kang ZEkeng sudah nyempetin..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:48 AM, 27-Jul-12

@Gembonk, Iya Kang, bersyukurlah orang Islam yg melaksanakan..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:49 AM, 27-Jul-12

@RECKO, makasih telah hadir aGan Recko..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:50 AM, 27-Jul-12

@Khant Berxco Sundanese, Bulan Ramadhan Emang Barokah Kang..;D

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:50 AM, 27-Jul-12

@Rovi Agus, Yoi Sob.. Insya ALLAH..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:51 AM, 27-Jul-12

@iebznoe, Amin, Alhamdulillah.. Makasih jg tlh hadir..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:52 AM, 27-Jul-12

@Maiel, Mas Maiel, Syukurlah..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:53 AM, 27-Jul-12

@Jokotole, Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh..
Alhamdulillah.. smile

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:53 AM, 27-Jul-12

@A F R I T H O, Wa'alaikumsalam Afritho..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:54 AM, 27-Jul-12

@ghunthank, Yoi.. biggrin

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:55 AM, 27-Jul-12

@Gue Punya, Alhamdulillah Gue Punya biggrin

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:57 AM, 27-Jul-12

@egvnk takkand pulank, Alhamdulillah..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:41 AM, 27-Jul-12

@ARISAN, sama2 Gan..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:42 AM, 27-Jul-12

@Andik Perangsang, salam juga Gan, anak cakung..jaktim..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:42 AM, 27-Jul-12

@Dev Vescera,
biggrin rolleyes

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:43 AM, 27-Jul-12

@sayyid wahab al banjary, wa'alaikumsalam Sayyid, terimakasih.. biggrin

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:44 AM, 27-Jul-12

@Dani Yayang Abdullah, alhamdulillah..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:44 AM, 27-Jul-12

@Simbah Tholieb ™Aremania™,
Sama2 Mbah..wink

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:45 AM, 27-Jul-12

@Ade Kesturi, terimakasih Gan Ade Kesturi..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:46 AM, 27-Jul-12

@1 menit bekal menuju akhirat,
Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.. Alhamdulillah, disambung nanti ya..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:46 AM, 27-Jul-12

@RJ - Hawk™, Wa'alaikumsalam RJ Hawk

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:47 AM, 27-Jul-12

@Cah Sialang, alhamdulillah, terimakasih Cah Sialang.. smile

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:48 AM, 27-Jul-12

@13em,
Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh..
Alhamdulillah..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 07:49 AM, 27-Jul-12

@Miun Sylvester Stonez,
Terimakasih sudah folow blog ini..rolleyes

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 10:09 AM, 27-Jul-12

@Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com,
Puasa Ramadhan, Puasa, Ramadhan, Awal Mula puasa, Lailatul Qadar, shalat taraweh, tadarrus, Marhaban Ramadhan, Marhaban, Sahur, Berkah Puasa, shaum, siyam, Poso Ramadhan, Shalat Malam, Puasa Wajib, Sahur Ramadhan, Buka Puasa, Batal Puasa, Rukun Puasa, Syarat Puasa Ramadhan, Niat Puasa

egvnk takkand pulank on 11:33 AM, 27-Jul-12

menanggapi jawaban masta di
blog ane:masta kan bilang,,shahadat no.1,sholat no.2,,,nah dalam mengerjakan shalat ane mengalami kendala,,yaitu ane malu ma temen ane,,ane gak mau dibilang sok alim,,dlam mengerjakan shalat trkadang ane lakukan d t4 tersembunyi!!apa yg harus ane lakukan agar ane gak malu tuk salat berjamaahquestion
jawab diblog anebiggrin

deajat on 12:52 PM, 27-Jul-12

Assalamu alaikum,maaf telat.dah saya folow balik

mrbelia on 01:01 PM, 27-Jul-12

salam buat sobat , thnk dah masuki tmpt gw . Selamt berbuka puasa ..

Agooezz on 01:16 PM, 27-Jul-12

Kunjungan mlm sob,,,,mf telat....
Klo boleh ane kasih saran.
Ngepostnya jngn pnjng'' sob,cz yg baca bukanya masuk di fkiran mlah yg ada + puyengsmile.
Itu c saran dari ane sob,semunya terserah sobatwink

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 02:23 PM, 27-Jul-12

@Agooezz, makasih sarannya, sengaja panjang aGan, agar jelas, ilmu itu terserah yang menerima, saya hanya menyampaikan, untuk hal yang butuh detil maka harus panjang penjelasannya supaya jelas dan tidak ada salah pemahaman (nggantung). Kadang sebuah cerita ada yg panjang dan yang pendek, mungkin artikel di blog ini juga bisa begitu, kadang panjang kadang pendek.. Heheee.. Suwun sarannya.

Nurcahyo eNwin on 04:33 PM, 27-Jul-12

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Mas kalo artikel itu ditulis lewat hp paling bisa lemot dah hpnya.. Panjang bener.. biggrin
Oh iya.. Aku masih belum mengerti tentang kafarat mas.. Dapet Istilah baru jadi Kurang mudeng nih.. question sad

Nurcahyo eNwin on 04:33 PM, 27-Jul-12

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Mas kalo artikel itu ditulis lewat hp paling bisa lemot dah hpnya.. Panjang bener.. biggrin
Oh iya.. Aku masih belum mengerti tentang kafarat mas.. Dapet Istilah baru jadi Kurang mudeng nih.. question sad

Emoesoft on 05:17 PM, 27-Jul-12

nice post ustadz..
Emoesoft hadir sekaligus laporan folback sukses dan juga mohon maaf baru sempat folback.. smile

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 05:41 PM, 27-Jul-12

@Nurcahyo Enwin, alhamdulillah di hape saya nggak lemot Mas.

Artikel memang begitu Mas, bagi orang haus ilmu artikel yang kita anggap panjang hanya akan sekali lahap beberapa kali cerna, bagi yang gak doyan ilmu atau kurang minat ilmu maka artikel itu terasa membosankan dan ogah membacanya.

Bagi orang yang haus ilmu dan menganggap penting bagi dirinya ilmu itu, maka dia akan bolak-balik membuka lembaran-lembaran buku yang tebal sekali, jika dirasa kurang akan dia cari di arsip2 lama.

Kafarat adalah denda atau hukuman untuk(kepada) orang yang mengaku salah atau orang yang terbukti dengan bukti kuat bersalah dengan persaksian walopun dia tidak mengaku yang telah di putuskan dan ditetapkan oleh Hakim.

Contoh :
Ada seorang laki-laki belum menikah umur 24 tahun, kemudian dia sudah ngebet sekali ingin bersetubuh, karena dia tidak sabar menahan hawa birahi akhirnya laki-laki ini melihat video porno dan akhirnya gak nahan maka onanilah dia di kamar mandi. Hal ini dia lakukan berulang-ulang.

Kemudian dia merasa bersalah dan berdosa. Akhirnya dia mengaku di hadapan hakim ; ''Pak hakim saya telah berbuat demikian2, dan saya ingin bertobat kepada ALLAH, berikanlah saya hukuman agar jiwa saya suci kembali di hadapan ALLAH.

Setelah menceritakan perbuatannya pada hakim dengan kronolgisnya maka hakim membuat keputusan bahwa laki-laki itu harus diberi hukuman (kafarat) atas perbuatannya.

Akhirnya laki2 itu diputus oleh hakim dengan hukuman puasa senin kamis selama 2 bulan berturut-turut setiap hari dan membayar denda sekian2 untuk biaya sidang dll.

Akhirnya demi kesucian dirinya silaki2 itu ikhlas menerima dan menjalankan puasa kafarat dirinya selama dua bulan.

Demikian penjelasan dari saya yang bersumber dan sesuai sunatullah dan berdasarkan rujukan dari kitab hukum Islam. Bukan KUHP.

Omantea on 05:54 PM, 27-Jul-12

saya angkat kan JEMPOL untuk postingan ini..
Memang stiap muslim wajib,untuk saling mengingatkan.
Wasalam.

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 05:58 PM, 27-Jul-12

Emoesoft, gak papa, terimakasih ya, sudah memberi kabar..

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 06:14 PM, 27-Jul-12

Yang pada Tadarrus semangatnya Luar Biasa, walopun hanya beberapa orang saja. AL QUR'AN pasti membela mereka diakherat..

espero™ on 12:50 AM, 28-Jul-12

.mntap sob,
Di tngu kunbal nya

Khiansantank on 07:38 AM, 28-Jul-12

asalamualaikum..
kunjungan siang ikut nyimak n
tank telah berbagi ...
teruslah berkarya dan
berkreasi...
o...ya klw ada kesempatan ane
tunggu kunbalnya di
http://
khiansantank.mywapblog.com/
pengumuman-pengumuman-
kata-
wali-2.xhtml
Terima Kasih

Raja Browsing on 09:08 AM, 28-Jul-12

mantap sob. Maaf telat yah biggrin

Saktian on 09:31 PM, 28-Jul-12

kunjungan bos

☆ HeRmAn™SisX☆ on 09:34 PM, 28-Jul-12

wah mastr krng aktf lg neh blognya, tpi admin'y yg dlu pa dah ganti nh mastr?

Sukmabuana on 09:53 PM, 28-Jul-12

hy.., kunjung pertama ne wah poting mantap kerend lah, salam mwb sukses terus ya...

Miun Sylvester Stonez on 01:05 AM, 29-Jul-12

lapor ang, blog ente juga udah ane f0l0w, biggrin
Silahkan di chex

GatraZone on 01:29 AM, 29-Jul-12

Assalamu 'alaikum wrwb
Bagus sob,postingan menarik n bermanfaat,sukses slalu sob

Sbrmig33 on 03:19 AM, 29-Jul-12

hadir nyimak

Agus Prayitno on 06:52 AM, 29-Jul-12

subhaanallaah....

Folback sukses sob... razz

Nurcahyo eNwin on 10:46 AM, 29-Jul-12

Sekarang saya mudeng mas.. smile
Terima kasih.. biggrin

Seneng deh ditanggapi pertanyaannya.. mrgreen

Andry Alberto on 11:18 AM, 29-Jul-12

alhamdulillah ya allah,
telah engkau pertemukan diriku dgn saudara ku ini.

Ane udh folow blog anda brada,folbek ya.

Ngomong2 blog brada yg dulu mengapa?

1 menit bekal menuju akhirat on 11:26 AM, 29-Jul-12

Assalamualaikum...
Lanjutkan mas artikelnya bagus sekali mari kita sebarkan pengetahuan kita thx udh berbagi...

Oem Yuchenk djhaemphett on 08:42 PM, 29-Jul-12

kunjungan pagi master!!
slam kenal..
ijin fol0ow,skalian follback sh0b...

azars mywapblog on 08:56 PM, 30-Jul-12

topbiggrin

em.bahdin on 12:25 AM, 31-Jul-12

Nice post sob..
Maaf ga bs lama2,lg bnyak gawe.
Yg pnting ttep bs slg brkunjung dan bersilaturrohim..

Mari saling mendoakan..

HUZAI on 09:42 PM, 31-Jul-12

Sangat Mantap sob . . .
Maaf sob ,baru bsa hadir . .Cz lama ga NGENÈT

Manman Rohman on 06:35 AM, 01-Aug-12

Alhamdulilah masih diberi kesempatan menjalankan puasa

Jowo Dwipo on 09:36 PM, 04-Aug-12

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. biggrin
Met poso yo.. Mugi Allah meridhoi..
Kulo nuwun.. wink
Pripun kabare Kang..
Waras sedoyo to? smile

Jowo Dwipo
http://JowoDwipo.mywapblog.com

CAH TEGAL on 01:17 AM, 08-Aug-12

biarpu sering baca, tp ternyata ada bbrpa yg lupa jg, jd inget lg deh, makasih sob..

Rose Antoni on 10:56 PM, 09-Aug-12

Assalamu'alaikum. kunjungan pagi master...
Subhalloh postg luar biasa berbobot dan mencerahkan.. thanks sob atas pencerahannya. Mudah2an Alloh SWT. membalasnya dengan segala kebaikan buat sodaraku Iman hijrah dan Jihad. Amiin...!
Wassalamu'alaikum...

Ammar on 11:24 PM, 09-Aug-12

hadir mas smile
lam kenal sebagai brother mwb dan saudara islam. mrgreen
postingannya keren , ijin ane catet smile
http://am_mar.mywapblog.com

treesno on 02:29 AM, 11-Aug-12

Terima kasih ilmunya sob

Sani on 04:27 AM, 12-Aug-12

haeir,,,

MEMED on 06:51 AM, 12-Aug-12

ayo kita perang...

.♥/♥★ ★/♥\♥/█\♥★♥ ♥ (¯`v´¯) I Love U Thykae Widhiy's Blog Music♪♫ Volume: ▁ ▂ ▃ ▄ ▅ ▆ █ 100 % on 10:51 PM, 13-Aug-12

5v teman , aq bru bsa datang ' ' cz hp aq kmaren kmaren nggk bsa conect ! ! Gratisan'nya dah co.id . . ., 5v bngt . . .

Rachi on 07:34 AM, 16-Aug-12

kunjungan karet sob..

dj-evan™ on 02:38 AM, 18-Aug-12

Assalamualaikum...
Maaf baru bisa hadir krn kesibukan

http://evan13.heck.in/selamat-lebaran-idul-fitri-1433-h.xhtml

Jokotole on 04:00 PM, 18-Aug-12

m'f kang nongol lagi.hanya luangkan waktu berpanjang tangan dan berlebih ucap,"minal aidzin wal faidzin mohon ma'af lahir batin".

abdussalam on 08:47 AM, 21-Aug-12

waw jd tau sob,..
biggrin

Mohon maaf lhr batin sob,..
smile

Javanic Go-blog on 04:04 AM, 01-Sep-12

minal aidin wal faidzin ya kang.. smile

arrow http://go-blog.mwb.im

THE ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA on 06:07 PM, 30-Sep-12

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. biggrin
Ini adalah Kunjungan Balasan dari Kita Brader.. smile
Terimaksih Brad Atas Kesetiaannya..
Ma'af ya Jika Pesanku gak ngomentari postingnya..
Terimakasih Brader.. idea

kidzib on 06:19 PM, 10-Feb-13

Just walking2http://kidzib.heck.in/nabi-muhammad-sebagai-pembawa-rahmataan.xhtml

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images


 
Back to top